PA Kab. Sukabumi Menerima 402 Permohonan Cerai


PALABUHANRATU ONLINETingkat perceraian di Kabupaten Sukabumi sampai akhir semester pertama tahun 2011 mencapai 402 kasus. Dari bulan Januari sampai Mei, Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Sukabumi mencatat, jumlah pasangan suami istri yang mengajukan perceraian berfluktuatif dengan kecenderungan yang naik selama akhir semester pertama tahun 2011.

“Data perceraian pasangan suami istri untuk bulan Januari sampai dengan Mei sudah kami kumpulkan, sedangkan untuk bulan Juni masih dalam proses rekapitulasi,” kata panitera muda pada PA Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu,  Zaenal Mutaqin, ketika dihubungi Selasa (5/7).

Selama bulan Januari 2011, PA Kabupaten Sukabumi menerima permohonan untuk perceraian dengan jumlah yang mencapai 90 berkas. Jumlah permohonan cerai menurun drastis pada bulan Februari dengan jumlah 66.

Pada bulan Maret, jumlah permohonan cerai naik  menjadi 73 berkas dan naik lagi menjadi 76 permohonan selama bulan April. Sebulan berikutnya, pada bulan Mei 2011, jumlah pemohon perceraian meroket menjadi 97 berkas.

“Jadi selama lima bulan pertama tahun 2011, jumlah permohonan perceraian mencapai 402 kasus,” ujar Zaenal.

Sebagian besar alasan perceraian dilatarbelakangi faktor ekonomi. Para pemohon merasa tidak puas dengan kondisi ekonomi selama menjalani rumah tangga bersama pasangannya. Alasan lain yang cukup dominan adalah ketidakharmonisan dalam rumah tangga dengan berbagai faktor penyebab.

“Dua alasan itulah yang paling banyak diajukan para pemohon sebagai dasar permohonan perceraian,” jelas Zaenal.

Majelis hakim yang menyidangkan permohonan perceraian, lanjut dia, tidak serta merta langsung mengabulkan keinginan para pemohon. Hakim menawarkan jalan musyawarah untuk mencari titik temu guna menghindarkan perceraian. Kalau upaya mediasi gagal, hakim pun mengabulkan permohonan untuk bercerai.

Iklan

One response to “PA Kab. Sukabumi Menerima 402 Permohonan Cerai

  1. Hello! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers?
    I’m kinda paranoid about losing everything I’ve
    worked hard on. Any recommendations? http://bit.ly/1gQcVev

    Suka