Ratusan Rumah di Dua Kecamatan Rusak Akibat Gempa Bumi


Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

PALABUHANRATU ONLINE Ratusan unit rumah warga di dua desa di Kecamatan Nagrak dan Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (19/12/2013) rusak berat dan ringan akibat gempa bumi.

Gempa yang berkekutan 4,5 Skala Richter, tidak hanya mengagetkan warga di kampung Hegarmanah, Cireundeu, dan Kebonhiji, di Desa Giri Jaya, Kecamatan Nagrak. Tetapi kerusakan serupa terjadi di Kampung Cikembang dan Sungapan, di Desa Cikembang Kecamatan Caringin

Getaran kuat gempa bumi, pada Rabu (18/12/2013) malam, tidak hanya membuat panik warga di dua kecamatan. tetapi kepanikan terjadi di beberapa desa disekitar Nagrak dan Caringin. Bahkan warga di Kecamatan Sukaraja, Kebonpedes dan Cibadak mengalami serupa.

Walaupun getaran hanya terjadi beberapa detik, tapi sempat warga berlarian kerumah menyelamatkan diri.

“Apalagi beberapa rumah warga roboh dan rusat saat getaran kuat terjadi. Beruntung tidak ada korban jiwa saat gempa bumi terjadi. Hanya saja kami sempat khawatir gempa bumi susulan kembali terjadi,” kata warga Girijaya, Hasanudin.

Pasca gempa bumi, kata Hasanudin, warga tidak berani masuk rumah hingga tengah malam. Mereka lebih memilih berkumpul di lapangan untuk menghindari getaran gempa kembali. Warga kembali masuk rumah setelah diyakini gempa bumi susulan tidak terulang.

“Padahal saat itu, hujan cukup lebat tidak menyurutkan warga kembali masuk ke dalam rumah. Mereka lebih memilih berbasah-basah karena cemas getaran kembali terulang,” katanya.

Walaupun jumlah rumah warga rusak akibat dampa gempa bumi masih diperkirakan mencapai lebih seratus unit. Tetapi pihak kecamatan dan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih terus melakukan serangkaian pendataan. Mereka mendatangi perkampungan untuk mengetahui keruasakan.

“Rumah warga yang rusak diperkirakan lebih dari seratus unit. Hampir sebagian besar kerusakan berkategori ringan,” kata staf Desa Giri Jaya, Ade Rizal.

Gempa bumi yang berpusat di 6.88 Lintang Selatan, 105.85 Bujur Timur, 8 km Barat Daya, Kota Sukabumi dengan kedalaman epicentrum 5 km, terjadi pada pukul 21.14 WIB

 

Komentar ditutup.