Pedagang Ayam Mogok Berjualan


PALABUHANRATU ONLINE – Para pedangan ayam potong yang tergabung dalam Forum Komunikasi pengusaha Unggas (FOKPUSI) kabupaten Sukabumi mogok berjualan dipasar Cibadak kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Aksi ini dipicu meroketnya harga ayam potong dalam seminggu terakhir ini mengalami kenaikan setiap hari dengan kenaikan antara Rp. 500 hingga Rp. 1000 tiap kilogram.

Menurut Saefudin salah seorang pedagang ayam potong di pasar Cibadak, menatakan, kenaikan harga ini sangat disesalkan karena naiknya terlalu tinggi sehingga kami tidak bisa menjual ke pelanggan dengan harga seperti itu. “Harga saat ini mencapai Rp. 32 ribu/kg, kami kesulitan jika menjual dibawah harga tersebut” ujarnya yang di amini oleh pedagang lainnya di pasar Cibadak, Rabu (21/05/2014).

Saefudin dan rekan-rekannya memutuskan mogok berjualan hingga batas waktu yang belum ditentukan dengan alasan selalu merugi akibat tingginya harga pembelian ayam dari tengkulak  sampai harga ayam kembali stabil.

Hal senada juga disampaikan Esih (40) pemilik warung nasi di jalan Siliwangi cibadak, dia mengaku kesulitan menjual daging ayam olahan akibat kenaikan harga yang fantastis. “Saya banyak kehilangan pelanggan yang membutuhkan daging ayam olahan, karena tidak ada yang berjualan ayam potong”. Keluh Esih yang mengaku membeli daging ayam 16 kg setiap harinya.

Laporan : Iyang Sudiharto

Komentar ditutup.