RETRIBUSI MASUK KAWASAN PANTAI KARANGNAYA PALABUHANRATU MELEJIT SAMPAI 25 RIBU


PALABUHANRATU ONLINE – Pungutan parkir dan retribusi liar dibeberapa titik objek wisata di Kota Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi banyak dikeluhkan para wisatawan  dari luar daerah maupun  warga setempat.

 Pungutan retribusi liar tanpa aturan yang berlaku terjadi di beberapa titik objek

Petugas retribusi pantai Karangnaya Palabuhanratu

Petugas retribusi pantai Karangnaya Palabuhanratu (Photo : Ade Willy)

wisata kota Palabuhanratu, seperti di Kawasan pantai Karang Naya desa Citepus yang dikelola oleh Manajemen Hotel Inna Samudera Beach (dulu SBH) . Di kawasan  itu,  petugas  meminta ke pemilik mobil yang masuk kekawasan pantai Karangnaya  dikenakan biaya parkir Rp 25.000.

Padahal dikarcis masuk hanya tertera Rp.3000,- Pantauan Palabuhanratu Online, Jumat kemarin, banyak pemilik mobil saat membayar retribusi terkejut dan bahkan ada yang tidak senang dengan sang juru parkir itu.

 “Pungutan parkir jenis apa di Kota Palabuhanratu  ini, masa seenaknya saja minta Rp.25.000. padahal  karcisnya hanya Rp.3000,” celetuk salah seorang pemilik mobil pribadi yang masuk dan parkir  di kawasan pantai Karang Naya. “Kami hanya menjalankan tugas, ini sudah kebijakan dari manajemen, karena kawasan ini milik Hotel Inna Samudera Beach,” ujar Samroh petugas pemungut retribusi, kami pukul rata saja untuk mobil Rp.25000,- dan untuk kendaraan roda dua Rp.5000,-  terangnya  kepada Palabuhanratu Online Sabtu, 02/08/2014.

Sementara itu, pihak manajemen Hotel saat diminta tanggapannya juga menyesalkan apa yang terjadi dilapangan, memang benar pihak manajemen hotel yang mengelola retribusi tersebut tapi kami memberlakukan sesuai aturan yang harus dijalankan, untuk Pejalan kaki Rp.3000/orang Kendaraan roda dua Rp.5000, Kendaraan roda empat Rp. 15.000, dan kendaraan roda enam Rp.20.000. jelas Ika Rostika Sales Manager Inna Samudera Beach.

Khusus pengelolaan dan tarif parkir kendaraan di kota yang di sebut-sebut sebagai kota wisata itu tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi nomor 14 tahun 2011 tentang retribusi parkir. Apapun Bentuknya  jelas sudah melanggar.

Laporan : Ade Willy

One response to “RETRIBUSI MASUK KAWASAN PANTAI KARANGNAYA PALABUHANRATU MELEJIT SAMPAI 25 RIBU

  1. Pemerintah dan petugas sy harap jgn omdo. ..kalo punggutan liar yg notabene dilakukan dgn gaya preman jelas akan cemarkan plara..masa iya tarip sebesar itu…emang fasilitas apa yg disediakan bwat pengunjung?tarip yg wajar boleh aja asal resmi dan peruntukan jelas ….sy harap ini jadi perhatian segera sebelum berakibat lebih mencenarkan nama baik plara tercinta. akibat klakuan segelintir /pemeras berdalih retribusi……Segera bertindak…untuk kenyamanan rakyat yg pilih bapak2

    Suka