PAGUYUBAN KADES (JARO) CISOLOK KECEWA DENGAN ULAH OKNUM WARTAWAN


PALABUHANRATU ONLINE – Oknum Wartawan yang berinisial “R” yang mengaku-ngaku dari sebuah Media cetak, sering melakukan intimidasi terhadap beberapa kepala desa yang berada di Kecamatan Cisolok Kab.Sukabumi.

Oknum wartawan ini sering melakukan kegiatan jurnalisnya dengan modus membuat berita profil tentang desa dan menjual sesuatu dengan cara memaksa. Kejadian ini sering dialami beberapa kepala desa dan kepala sekolah dikecamatan Cisolok.

Seperti yang dialami salah seorang Kepala Sekolah Dasar Negeri di Cisolok, bahwa, Sdr R pernah juga menjual sesuatu dengan sedikit memaksa kesekolahnya dengan harga 200 Ribu, serta membawa proposal untuk meminta bantuan dana, yang katanya untuk mengadakan sebuah Seminar Tentang Jurnalistik.

Hal ini juga terjadi kepada Aripin, Kades Gunung Tanjung Kec. Cisolok, yang berujung perkelahian. Oknum wartawan R mendatangi kantor desa Gunung Tanjung pada Jumat, 21 Nopember 2014 untuk meminta uang sejumlah 500 ribu dengan dalih untuk Pembayaran Profile tentang Desa Gunung Tanjung, yang katanya akan diberitakan di Medianya, tapi dengan cara yang tidak elegan dan sambil menggerutu, ” Dasar Jaro didinya mah teu ngarti, uang Ban Gub ka saya oge Jaro teu mere .” mendengar perkataan seperti itu sang kepala desa merasa tidak nyaman dan langsung menelepon oknum wartawan “R” dengan sedikit agak emosi.

Akhirnya dari jawaban “R” tersebut terlontar juga sebuah tantangan, bahwa katanya kalau Jaro berani, sok ku saya di tungguan sekarang juga di Alun-alun Kota Palabuhanratu, mendengar tantangannya tersebut, yang tadinya Kades hendak berangkat Jumatan, langsung berangkat untuk memenuhi tantangan Oknum wartawan “R”, selanjutnya terjadilah percekcokan antara Kades dengan oknum “R”, saking ributnya percekcokan tersebut, mereka yang hendak Sholat Jumat di Mesjid Agung, akhirnyapun merubung kami,” jelas Aripin Selasa, 24/11/2014.

Dengan kerumunan orang, akhirnya saya malu dan terdiam, ketika saya sedang menunduk, tiba-tiba Oknum “R” membuka bajunya memukul saya, hampir saja pukulannya tersebut mengenai muka saya, kalau saja tidak dihalangi Sekdes Uman, Sekdes Uman sempat mengahalangi serangan oknum “R” tersebut, dengan Reflek oknum “R” pun di dorong olehnya, hingga jatuh terjerembab mukanya mengenai tanah, yang kemudian oknum”R” lari dari tempat itu setelah dilerai oleh beberapa rekan para Kades dan juga oleh beberapa para rekan Wartawan, yang kebetulan pada waktu kejadian sedang berada ditempat tersebut.

Atas kejadian tersebut Ketua Asosiasi Para Kepala Desa (APDESI) Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Yusuf Supriadi, “Kami sebagian para Kepala Desa dari Kecamatan Cisolok, pada waktu kejadian tersebut betul-betul ikut menyaksikan dan juga melerai pertengkaran antara “R” dengan Kades Aripin, kami sangat menyesalkan kejadian ini, selama saya menjadi Kepala Desa, baru kali ini terjadi, Wartawan harus sampai berantem,”ujar Yusuf yang juga Kades Wangunsari.

“Padahal Kepala Desa yang berada diwilayah Cisolok dengan rekan-rekan wartawan dari media manapun senantiasa bermitra, Kasus ini sudah ditangani pihak kepolisian, untuk tidak terjadi kesalah fahaman antara para Kepala Desa dengan para rekan-rekan dari Wartawan, maka mari kita hargai proses Hukum yang akan berjalan nanti, karena dengan adanya proses Hukum, segalanya bisa menjadi jelas, siapa yang salah dan siapa yang benar, “ terang Yusuf.

Laporan : Tim FJP Palabuhanratu

One response to “PAGUYUBAN KADES (JARO) CISOLOK KECEWA DENGAN ULAH OKNUM WARTAWAN

  1. apapun dalil dan dgn alasan apapun itu sebaiknya pihak2 yg dirugikan sejak awal hrs berani mengmbil skp dgn tegas utk menolak kehdiran oknum wrtwan sprti itu n bila terbukti ada tndakan yg diluar kode etik laporkan ke redaksinya atw ke dewan pers n kl mank udh meresahkan laporkan ke pihak berwenang tapi hindari utk main hakim sendiri krn jelas negara kita ini adalah negara hukum…sy setuju dgn pernytaan ketua Apdesi cisolok diatas..mari kita tunggu hsil proses penyidikan polres sukabumi atas kjdian trsbt agr semuanya mnjdi jelas..trmksh

    Suka