SUNGAI CITARIK JADI AJANG ARUNG JERAM DUNIA


 PALABUHANRATU ONLINE – Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB Faji) Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington secara resmi membuka Ujicoba Kejuaraan arung Jeram dunia atau Pre WRC (World Rafting Championship) 2014 di alur sungai Citarik kecamatan Cikidang kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Dalam amanatnya, Ketum PB Faji yang juga Komandan Korps Marinir menyampaikan, setiap tim yang akan bertanding dalam even ujicoba ini merupakan tim yang akan diikut sertakan dalam kejuaraan arung jeram tingkat dunia yang akan digelar tahun depan.

“Tim-tim yang berlaga kali ini sebagai tim yang terbaik dan akan diikut setakan pada even WRC tahun depan” katanya dalam bahasa Inggeris di Cikidang kabupaten Sukabumi (30/11/2014). Mayjen TNI (Mar) A. Faridz Washington berharap, semua peserta dapat bertanding dengan menjunjung tinggi spotivitas. Dan bukan hanya mengutamakan prestasi tapi juga nilai kekeluargaan diantara para peserta dan panitia pelaksana.

Sementara itu, menurut Ketua Harian PB Faji Amalia Yunita menuturkan, salah satu syarat dalam kejuaraan dunia arung jeram, diadakan disungai-sungai yang memiliki tantangan jeram sulit atau tingkat 4.

“Sungai Citarik memiliki karakter itu, sudah memenuhi syarat, karena memiliki jeram yang rapat atau padat, sebagai syarat kejuaraan tingkat dunia” ujar Amalia saat ditemui seusai acara pembukaan.

Dijelaskannya, peserta even ini terbuka bagi tim dari mana saja, dan kali ini, lanjutnya, Indonesia melombakan 16 tim dari berbagai provinsi dan Malaysia 1 tim dibantu beberapa negara. “Dari 16 tim dipilih 1 tim terbaik yang akan mengikuti perlombaan WRC tahun 2015 mendatang” paparnya. Ditanya mengenai jenis-jenis yang dilombakan, diterangkan Yunita, meliputi Sprint race dan Head to Head, Slalom race 1 dan 2 serta Down River Rice.

TIM Federasi Arung Jeram Indonesia dan federasi internasional saat menguji coba trek Pre-World Rafting Championship 2014 di Sungai Citarik, Kecamatan Citarik, Kabupaten Sukabumi, Minggu (29/11/2014). Federasi Arung Jeram Indonesia menggelar kejuaraan tersebut selain sebagai syarat penyelenggaraan WRC 2015, juga untuk menyeleksi tim yang layak untuk mewakili Indonesia.*

TIM Federasi Arung Jeram Indonesia dan federasi internasional saat menguji coba trek Pre-World Rafting Championship 2014 di Sungai Citarik, Kecamatan Citarik, Kabupaten Sukabumi, Minggu (29/11/2014). Federasi Arung Jeram Indonesia menggelar kejuaraan tersebut selain sebagai syarat penyelenggaraan WRC 2015, juga untuk menyeleksi tim yang layak untuk mewakili Indonesia. (Photo : PR Online)

Komentar ditutup.