KOMUNITAS TRAIL CADAS BAGIAN DARI TIM REAKSI CEPAT BENCANA


PALABUHANRATU ONLINE – Keberadaan Comunitas adventur anak Siliwangi (Cadas) merupakan komunitas penggemar motor gunung di Cimaja desa Karangpapak kecamatan Cisolok sebagai ajang torehan prestasi dan sarana memacu adrenalin. Cadas juga dikukuhkan sebagai bagian dari tim reaksi cepat

Komunitas Trail "Cadas" Menjadi bagian tim reaksi cepat bencana

Komunitas Trail “Cadas” Menjadi bagian tim reaksi cepat bencana (Photo : Palabuhanratu Online)

(TRC) setiap kejadian bencana.
“Anggota yang sudah memiliki skil menunggang roda dua, sudah sangat responsif terhadap penanganan bencana, baik bencana alam maupun musibah lainnya” kata Komandan Kodim 0622/ Sukabumi Letkol Inf Ari Sudarsono di Makodim Cikeong Palabuhanratu.

Sebagai pembina Cadas, dirinya akan bekerja sama dengan Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Sukabumi untuk memberikan pelatihan tentang kebencanaan. Sementara untuk penganan pertolongan pertama pada korban, Dandin menggandeng dinas kesehatan setempat.
“TRC Cadas dibekali pengetahuan pertolongan pertama korban dan teknik evakuasi” jelasnya.

Seperti diketahui, Sukabumi merupakan salah satu daerah rawan terhadap bencana alam dengan topografi pegunungan, untuk menjangkau wilayah pegunungan berbukit jika terjadi bencana, tidak semua kendaraan bisa mengaksesnya, perlu ketrampilan yang memadai dan kendaraan yang mumpuni. “Potensi ini yang kami optimalkan, termasuk pendistribusian logistik, bawa korban dan antar jemput pejabat terkait ke lokasi bencana terpencil” papar Ari.

Mantan Komandan Batalyon 310 ini berharap, Cadas akan terus mengasah ketrampilan dan wawasan agar bisa lebih menumbuhkan misi kemanusiaan dan penggalangan jiwa sosial mendukung pemerintah.

Komentar ditutup.