WARGA DESAK DERMAGA REGIONAL DIPINDAHKAN


image

PALABUHANRATU ONLINE -Penetapan lokasi dermaga regional di pantai Karangsari yang terletak dikedusunan Gunungkutu kelurahan / kecamatan Palabuhanratu kabupaten Sukabumi, menuai protes dari warga setempat dan kalangan lainnya.

Adalah jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) kabupaten Sukabumi yang menolak keras mengenai penetapan lokasi dermaga. “Kami sangat mendukung pembangunan dermaga regional berada di Palabuhanratu, namun kami menolak jika dermaga itu dibangun dipantai karangsari Gunungkutu” ujar Ketua DPD KNPI kabupaten Sukabumi, Nasrudin didampingi jajaran pengurus kepada awak media di Jajaway Palabuhanratu. Rabu (14/01/2015)

Nasrudin menilai, akan terjadi penghamburan anggaran jika dipaksakan dibangun di pantai Karangsari, lahan disitu milik warga yang harus dibayar guna proses pembebasan lahan. “Lahan yang digunakan sebaiknya lahan pemerintah, sehingga anggaran yang diserap pasti lebih efisien seperti dimuara Citepus yang lahannya memang hanya zona maritim” ungkapnya. Selain itu, katanya, pantai Karangsari sebagai sarana aktivitas rekreasi yang cukup aman untuk warga setempat dan wisatawan luar yang dekat dengan kota Palabuhanratu. “Jika dijadikan dermaga, semua pihak akan kehilangan aksesbilitas” terangnya.

Sementara itu, Nana Supriatna Ketua RW 30 kelurahan Palabuhanratu. Menegaskan, dalam proses perencanaan dan pembangunannya, masyarakat setempat dan pemanfaat kawasan pantai yang melakukan kegiatan usaha pariwisata harus dilibatkan untuk mengkaji berbagai aspek yang berkaitan dengan kelangsungan zona wisata dan kegiatan usaha warga. “Harus dikaji lebih dalam dan harus melibatkan warga setempat” ujarnya.

Jika proses pembangunan tersebut tidak melibatkan warga setempat, Nana mengancam akan mencabut surat dukungan yang telah dikirim ke Bupati Sukabumi beberapa waktu lalu yang ditanda tangani 60 warga setempat.

sebelumnya, di aula kecamatan Palabuhanratu diadakan sosialisasi yang dihadiri Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan jajaran kepala dinas terkait kabupaten Sukabumi, dalam sosialisasi pembangunan dermaga regional itu terungkap juga penetapan lokasi di pantai Karangsari Palabuhanratu.

Komentar ditutup.