Marwan-Herwan Ngubeuk Sawah Bersama Masyarakat


PALABUHANRATU ONLINE – Calon Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan Calon Wakil Bupati Herwan Nugraha, menjadi tamu kehormatan pada acara “Ngubeuk Sawah Ngala Lauk” yang digelar Kepala Desa (Kades) Karangpapak, Kecamatan Cisolok, di area pesawahan milik aset desa, Selasa (02/06/2015).

Menurut Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi Marwan Hamami, acara ngubeuk sawah salah satu agenda rakyat yang patut dilestarikan dan digalakkan oleh semua pihak. Selain pelestarian budaya lokal, kegiatan ini juga bisa mempererat silaturahmi dan rasa kekeluargaan bersama masyarakat.

“Saya apresiasi agenda rutin Kades Karangpapak ini atas syukuran pascapanen padi. Setiap pemimpin itu memang harus begini, dekat dengan rakyat. Acara ini pun bisa menjadi kearifan lokal sebagai pelestarian budaya di masyarakat desa,” ujar Marwan, kepada awak media, usai mengikuti acara Ngubeuk Sawah Ngala Lauk.

Acara yang digagas Kades Karangpapak, Nandang Mulyana alias Baskom ini mendapat antusias dari ratusan warga Desa Karangpapak. Mereka tumpah ruah di pesawahan untuk berburu ikan yang dilepas oleh panitia dalam acara Pesta Rakyat “Ngubeuk Sawah Ngala Lauk”.

Kades Karangpapak, Baskom menuturkan, agenda ini digelar sebagai bukti rasa syukur setelah panen padi di sawah milik desa dengan menebar ribuan ikan nila dan lele.

“Kami melaksanakan acara ini memasukki tahun kedua. Ngubeuk lauk akan menjadi agenda rutin tahunan di Desa Karangpapak,” katanya.

Ia mengungkapkan, acara yang dikemas dengan “Ngaliweut” ini memiliki tujuan untuk mempererat tali silaturahmi, menumbuhkan rasa gotong-royong, meningkatkan keswadayaan masyarakat, serta menjalin komunikasi antara aparat pemerintahan desa dengan warga.

“Tentunya, dalam menjalin kemitran bersama warga desa ini tak berhenti sampai disini saja. Saya akan berupaya maksimal hingga masyarakat bisa bersatu padu dalam membangun desa,” ucapnya.

            Anggaran biaya untuk acara pesta rakyat Ngubeuk Sawah Ngala Lauk ini hasil swadaya masyarakat yang dikumpulkan di setiap RT. Partisipasi dari masyarakat itu merupakan bibit budaya gotong-royong yang sudah mulai tumbuh di Desa Karangpapak.

Dengan demikian, roda pembangunan di desa akan semakin menggeliat, sehingga harapan menjadi desa maju dan masyarakat sejahtera bisa tercapai.

“Sekarang ada tren peningkatan budaya gotong-royong di masyarakat desa kami. Budaya seperti ini akan terus kami dipertahankan hingga tumbuh rasa kebersamaan antar warga,” ungkapnya.

Reporter : Bardal

Marwan-Herwan Ngubeuk Sawah Bersama Rakyat

Marwan-Herwan Ngubeuk Sawah Bersama Rakyat (Photo : Palabuhanratu Online)

Komentar ditutup.