70 PERSONEL POLRES SUKABUMI SUMBANG DARAH


PALABUHANRATU ONLINE – Sebanyak 70 personil Polri di lingkungan jajaran Polres Sukabumi diambil darahnya untuk disumbangkan ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sukabumi. Kegiatan bakti sosial donor darah ini dalam rangkaian menyambut Hari Bhayangkara ke-69 yang jatuh pada 1 Juli 2015.
Wakil Kepala Polres Sukabumi Kompol Johanson Sianturi mengatakan, donor darah merupakan kegiatan bakti sosial dalam rangkaian menyambut HUT Bhyangkara. Pendonor berasal dari internal di jajaran Polres Sukabumi.
“Kegiatan donor darah kali ini kami tidak melibatkan pihak luar. Darah yang diambil akan kami sumbangkan ke UTD PMI untuk masyarakat yang membutuhkannya,” ujarnya, kepada awak media, Selasa, 16/06/2015 di Aula Mako Polres Sukabumi.
Selain donor darah kata Johanson, kegiatan bakti sosial yang akan dilaksanakan yakni, membersihkan tempat ibadah, kantor, dan mess Polri. Semua itu rangkaian kegiatan menyambut HUT Bhayangkara.
“Sebelumnya, kami juga telah melaksanakan pengobatan gratis operasi Katarak untuk warga tidak mampu. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Johanson.
Perawat UTD PMI Kabupaten Sukabumi, Imaniar menyebutkan, kegiatan donor darah ini berkat kerja sama antara UTD PMI dengan Polres Sukabumi. Adapun darah yang diambil dari tiap pendonor akan didistribusikan ke rumah sakit pemerintah maupun swasta yang kekurangan stok darah.
“Kami hanya melakukan pengambilan darah dan screening. Darah dari pendonor ini untuk masyarakat yang sangat membutuhkan,” ungkap Imaniar.
Ia menerangkan, masyarakat yang akan mendonor sebelumnya dilakukan pemeriksaan hemoglobin dan tensi. Pemeriksaan itu untuk mengetahui layak tidak pendonor diambil darahnya. Dari jumlah ratusan personil yang mendaftar, hanya 70 orang yang diambil darahnya.
“Darah yang terkumpul hanya 70 Labu. Sebab, mereka yang mendaftar menjadi pendonor tidak semuanya diambil darahnya. Hal itu karena berbagai pertimbangan dari sisi kesehatannya,” tukasnya.

Reporter : Eman

70 personil Polres Sukabumi diambil darahnya untuk disumbangkan ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sukabumi.

70 personil Polres Sukabumi diambil darahnya untuk disumbangkan ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sukabumi. (Photo : Palabuhanra Online)

Reporter : Eman

Komentar ditutup.