Tambang Rakyat Harus Dimaksimalkan


PALABUHANRATU ONLINE – Direktur PDAT (Perusahaan Daerah Aneka Tambang) Kabupaten Sukabumi Rusli Bramsyah menilai tambang rakyat di Cigaru, Desa Kertajaya, berpotensi bisa menyumbangkan sumber pendapatan bagi kas daerah di sektor pertambangan emas. Guna memaksimalkan pendapatan di sektor itu, para penambang wajib mengantongi izin ekploitasi tambang dari pemerintah untuk mencegah timbul hal yang tidak diharapkan dalam pengelolaan tambang.

“PDAT bisa saja memfasilitasi proses perizinan bagi tambang rakyat. Tapi keinginan untuk membuat perizinan itu harus berangkat dari niat baik para penambang,” ungkap Rusli, Minggu (28/6/2015).

Menurutnya, berbagai jenis tambang di Kecamatan Simpenan sangat potensial untuk di ekploitasi. Namun upaya itu harus dilengkapi dengan perizinan agar tidak di cap sebagai penambang liar yang melekat hingga saat ini. Apalagi potensi tambang di wilayah ini sangat luar biasa sehingga menjadi sorotan warga asing yang datang untuk melakukan ekploitasi tambang emas.

“Kami tidak setuju jika tambang rakyat itu ilegal. Lebih baik perizinannya diurus, PDAT akan mendorong pemerintah daerah agar mengeluarkan izin untuk tambang rakyat,” terangnya.

Apabila tambang rakyat ini dikelola baik kata Rusli, tentu pemerintah akan menyambut serta mendukungnya dengan memberikan fasilitas perizinan.

“Padahal sudah lama saya mendorong para penambang rakyat untuk segera mengurus izin. Niat ada, tapi dalam pelaksanaan untuk mengurus perizinannya hanya basa basi. Buktinya sampai sekarang tidak ada satu pun mereka yang mengurus legalitas tambang,” tandasnya.

Selain mendorong perihal perizinan ulasnya, PDAT menekankan supaya menjaga stabilitas di area tambang rakyat. Seperti, kondusifitas, teknik penambangan, dan tata cara pengolahan hasil tambang. Pasalnya, sejak tambang rakyat Cigaru ramai di eksploitasi, berbagai persoalan muncul  ke permukaan.

“Stabilitas harus diutamakan di area tambang rakyat. Jadi jangan hanya mengharapkan hasil tambangnya saja, tapi keselamatan jiwa penambang juga menjadi skala prioritas. Tak hanya itu, dalam pengolahan emas harus ramah lingkungan,” pintanya.

Reporter : Eman

Komentar ditutup.