AHER TUNJUK ACHADIAT JADI PENJABAT BUPATI SUKABUMI


Achadiat Supratman Penjabat Bupati Sukabumi.

Achadiat Supratman Penjabat Bupati Sukabumi.

PALABUHANRATU ONLINE – Sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015 dilangsungkan pada Desember mendatang, jabatan bupati dan wakil bupati Sukabumi habis pada Sabtu 29 Agustus ini. Agar tidak terjadi kekosongan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan secara resmi memberhentikan dua pimpinan tersebut.

Adapun jabatan sementara langsung digantikan Achadiat Supratman, yang menjadi Penjabat Bupati Sukabumi. Achadiat hari ini diambil sumpah jabatan dan resmi dilantik oleh Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Bandung.

“Beliau menjabat sampai adanya pelantikan pejabat hasil Pilkada serentak nanti,” kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, Sabtu (29/8). Pelantikan tersebut dihadiri beberapa Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Barat serta jajaran DPRD. Turut hadir juga pejabat lingkungan Pemda Sukabumi.

Aher mengatakan, penjabat Bupati Sukabumi ini nantinya akan melaksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Termasuk mengawal tahapan Pilkada serentak 2015 di Sukabumi pada Desember mendatang.

“Menjalankan tugas sebagai bupati definitif. Ada-kan yang harus dilakukan tanda tangan sebagai kewenangan bupati, dan yang sangat penting adalah memfasilitasi pilkada serentak nanti,” ungkapnya.

Dengan kehadiran penjabat bupati diharapkan Aher, kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Sukabumi terutama berkaitan dengan pembahasan RAPBD 2016 tidak mengalami keterlambatan.

“Yang harus dilakukan melaksanakan proses APBD 2016 dengan baik. Stabilitas daerah dan yang penting sukseskan Pilkada,” ujarnya. Sedangkan kewenangan yang tidak dapat diambil sesuai Pasal 132 A ayat (1) PP Nomor 49 tahun 2008 yakni : Tidak melakukan mutasi pegawai, membatalkan perizinan pejabat sebelumnya, membuat kebijakan pemekaran daerah, dan membuat kebijakan yang bertentangan dengan pejabat sebelumnya. “Terkecuali atas persetujuan Mendagri.”

Achadiat mengaku, akan memegang amanah jabatan publik tersebut dengan baik. Dia juga sebagai penyelenggara akan memfasilitasi pilkada serentak 2015. “Kita penyelenggara pemerintah. Kita fasilitasi pemilihan kepala daerah,” terangnya. Dia menyatakan sudah memahami apa yang diperbolehkan dan tidak selama menjadi Penjabat Bupati Sukabumi.

Komentar ditutup.