TUNTUTAN TAK DIPENUHI, BALAWISTA ANCAM MOGOK


Photo : Ilustrasi

Photo : Ilustrasi

PALABUHANRATU ONLINE – Sekretaris Asosiasi Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu, Yanyan Nuryanto mengancam, akan melakukan aksi mogok jika tuntutan yang ia layangkan tidak dipenuhi, pihaknya menuntut agar Balawista dalam menjalin komunikasi dan meminta dukungan kebijakan yang jelas dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kab. Sukabumi.

Selain itu, menuntut agar ada bantuan pembiayaan operasional, kesejahteraan dan jaminan kesehatan serta kecelakaan bagi para lifeguard yang tergabung di Balawista Palabuhanratu. Serta memfasilitasi peningkatan profesionalisme lifeguard sebagai profesi bidang lifeguard.

Ia mengancam, mulai 1 Desember 2015 hingga liburan Tahun Baru 2016 , Balawista tidak akan bertugas, dan akan menarik seluruh anggota lifeguard di 14 pos pelayanan dan pengawasan, mulai dari Pantai Ujunggenteng, Palabuhanratu hingga Cibangban. Hal itu dilakukan apabila sejumlah tuntutannya tidak dipenuhi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi.

Menurut Yanyan, Disparbudpora terkesan menempatkan Balawista sebagai beban, bukan mitra dalam pembangunan kepariwisataan daerah di Kabupaten Sukabumi. “Hal itu mulai terasa pada awal 2015 setelah Balawista sulit berkomunikasi dan koordinasi dengan Disparbudpora Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

Padahal selama ini, lanjut Yanyan, Balawista membantu pemerintah daerah dalam menangani keselamatan wisatawan di sepanjang Teluk Palabuhanratu. Namun sampai saat ini, tidak ada dukungan kebijakan yang jelas dari Disparbudpora kepada Balawista. “Kami di sini hanya ingin bisa berkomunikasi dengan baik dan dukungan kebijakan pemerintah setempat, untuk mempermudah dan memperjelas tugas kami,” ucapnya.

Bahkan lanjut Yanyan, selama 2015 ini, tak ada dukungan dana operasional dari Pemda Kabupaten Sukabumi kepada Balawista. “Seharusnya bagi profesi kami yang bekerja dengan mempertaruhkan nyawa, ada jaminan kesehatan dan kecelakaan dari pemda,” ungkapnya. (*)

Komentar ditutup.