SUNGAI CITARIK AJANG RAFTING TINGKAT DUNIA


PALABUHANRATU ONLINE – Ketua Umum PB Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana mengatakan, Indonesia dipercaya International Rafting Federation (IRF) sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Arung Jeram. Kegiatan ini dapat memotivasi para pencinta arung jeram serta memajukan pariwisata di Kabupaten Sukabumi ke luar negeri.

Sungai Citarik paling cocok untuk Kejuaraan Arung Jeram Dunia

Sungai Citarik paling cocok untuk Kejuaraan Arung Jeram Dunia

“Menjadi tuan rumah WRC 2015 tidaklah mudah. Memerlukan perjuangan dengan mengikuti proses penawaran di IRF. Ini suatu kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia bisa dipercaya dunia. Maka itu, komponen masyarakat Sukabumi harus memberikan yang terbaik. Sebagai tuan rumah harus ramah kepada saudara-saudara kita dari berbagai negara ini,” kata Buyung Lalana, kepada awak media usai pembukaan WRC 2015, di Alun-alun Palabuhanratu, Senin (30/11/2015).

Ketua Umum PB Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana (Photo : Palabuhanratu Online)

Ketua Umum PB Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana (Photo : Palabuhanratu Online)

Menurut dia, Sungai Citarik mempunyai keunggulan lebih dibandingkan dengan sungai-sungai yang ada di belahan dunia lainnya. Sungai ini sudah memenuhi standar dari Federasi Arung Jeram Internasional atau IRF.

“Sungai Citarik paling cocok untuk Kejuaraan Arung Jeram Dunia. Untuk itu, mari kita jaga bersama agar sungai bersih dan jangan dicemari,” ujar Komandan Korps Marinir (Dankomar) TNI Angkatan Laut ini.

Ditempat sama, Penjabat Bupati Sukabumi Achadiat Supratman Sanro’i menambahkan, Kabupaten Sukabumi ditunjuk menjadi tuan rumah WRC 2015 merupakan kebanggaan yang tak ternilai. Harapan ke depannya, destinasi yang ada di Sukabumi bisa dijual ke mancanegara melalui kejuaraan arung jeram.

“Alhamdulilah, kami sangat berterima kasih bahwa Kabupaten Sukabumi dapat dipercaya untuk menjadi tuan rumah perlombaan tingkat dunia ini. Sehingga harapannya, pariwisata kita meningkat dan dikenal oleh wisatawan dari 23 negara yang menjadi atlet peserta WRC,” cetus Achadiat.

Ia menilai olahraga arung jeram bisa diikutkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI Jawa Barat yang akan dilaksanakan 2016 mendatang. Karena olahraga jenis ini sudah dikenal oleh dunia bahkan kerap diperlombakan.

“Arung jeram layak masuk cabang olahraga yang diperlombakan di PON. Tapi kami belum bisa memastikan, karena perlu koordinasi dengan KONI dan penyelenggara PON,” ucapnya.

 Reporter : Iyang Sudiharto

Komentar ditutup.