PEMILIK LAHAN GARAPAN DESA CIKEMBAR KEC. CARINGIN DIINTIMIDASI OKNUM PERUSAHAAN


PALABUHANRATU ONLINE – Para pemilik tanah garapan diblok desa Cikembar mendapatkan intimidasi dari oknum perusahaan pemegang HGU PT. Narpati Ekses didesa Cikembang Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Sebagian para pemilik lahan garapan diblok desa Cikembang yang didampingi oleh LSM IBSW Kabupaten Sukabumi (Photo : Palabuhanratu Online)

Sebagian para pemilik lahan garapan diblok desa Cikembang yang didampingi oleh LSM IBSW Kabupaten Sukabumi (Photo : Palabuhanratu Online)

Mereka dipaksa untuk menjual lahan garapan tersebut kepada perusahaan, menurut Abas (60), intimidasi yang dilakukan terhadap pemilik tanah garapan, “Jika tidak memberikan tanah garapan tersebut ke pihak perusahaan para penggarap akan diciduk oleh pihak kepolisisan, bahkan tanah penggarap dibeli dengan paksaan oleh pihak perusahaan melalui oknum makelar dengan harga yang yang tidak sesuai.

“Garapan mereka ada yang dibeli dengan harga 7,5 juta tapi diberikan uang hanya 5 juta, ada juga 2 juta seratus dibayarkan hanya 1 juta, dengan alasan pemotongan uang tersebut untuk administrasi,” Ujar Abas ketua kelompok rembug tani desa Cikembang, kepada wartawan hari ini Senin, 21/12/2015.

Tanah seluas 284 hektar yang digarap oleh 227 orang pengarap awalnya dikuasai oleh PT.Surya Nusa dialihkan lagi ke PT. Narpati Ekses yang sudah berakhir Hak Guna Usahanya (HGU) tapi sudah dipindah tangankan lagi ke PT. Wonokoyo Jaya Korporasi, padahal menurut Zulkarnaen pendamping para peggarap dari lembaga swadaya masyarakat IBSW (Indonesian Bureaucracy And Service Watch) Kabupaten Sukabumi, perusahaan tersebut sudah mendapat penalti dari kementrian agraria dan badan pertanahan nasional provinsi Jawa Barat.

Reporter : Bardal

Komentar ditutup.