PEMBANGUNAN PELABUHAN PENGUMPAN REGIONAL PANTAI KARANG PAMULANG DIMINTA UNTUK DIHENTIKAN


PALABUHANRATU ONLINE – Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Regional di pantai karang pamulang Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, diminta untuk diberhentikan sementara pengerjaannya karena adanya kesalahan administrasi disurat keputusan menteri perhubungan. Demikian yang dikatakan Bayu Risnandar selaku Korlap aksi demo menolak pelabuhan pengumpan regional di gedung setda kabupaten Sukabumi hari ini Selasa, 22/12/2015.

Forum peduli Pantai karang Pamulang Palabuhanratu memperlihatkan Surat Keputusan Menteri yang salah menentukan lokasi pembangunan pelabuhan pengumpan regional. (Photo: Palabuhanratu Online)

Forum masyarakat peduli Pantai karang Pamulang Palabuhanratu memperlihatkan Surat Keputusan Menteri yang salah menentukan lokasi pembangunan pelabuhan pengumpan regional. (Photo: Palabuhanratu Online)

Ia mengatakan,”Kami sangat kecewa, dalam surat keputusan menteri tersebut, karena tidak secara jelas menyebutkan lokasi dan tempat dibangunnya pelabuhan pengumpan regional di SK (surat Keputusan) yang pertama menyebutkan desa Karang Sari dan diperbaiki menjadi desa Palabuhanratu, Ujar Bayu kepada awak media.

Menurutnya, ini satu keganjilan walaupun ada perbaikan karena di tanda tangani ditanggal dan hari yang sama, kami mengharapkan sampai dengan adanya perbaikan mengenai penetapan lokasi berupa surat keputusan menteri itu, kami meminta untuk dihentikan kegiatan apapun di pantai Karang Pamulang.

Forum masyarakat peduli pantai karang pamulang bertemu langsung dengan DIshub provinsi Jawa Barat di aula Stda Kabupaten Sukabumi. ( Photo Palabuhanratu Online)

Forum masyarakat peduli pantai karang pamulang bertemu langsung dengan DIshub provinsi Jawa Barat di aula Stda Kabupaten Sukabumi. ( Photo Palabuhanratu Online)

“Ini demi tegaknya hukum, tidak karena alasan salah ketik yang dinilai sangat kekanak-kanakan, masa iya menteri melakukan dua kali kesalahan ketik, kalau sebuah kebijakan kemudian direalisasikan apalagi ada penggelontoran uang negara berupa APBN itu didasarkan pada kesalahan yang katanya salah ketik,” terang Bayu.

Rencana selanjutnya kita akan mematangkan kepada elemen masyarakat yang peduli dengan pantai karang Pamulang, dengan pola hukum berupa pengaduan masyarakat, kami juga sudah berkonsultasi kepada Polda Jawa Barat, pihak Polda pun mengiyakan memang ini sudah terjadi pelanggaran, dalam hal ini mal administrasi. Beber Bayu.

Aksi demo tolak pembangunan pelabuhan pengumpan regional di pantai karang pamulang di gedung Setda Kab. Sukabumi oleh forum masyarakat peduli pantai karang pamulang

Aksi demo tolak pembangunan pelabuhan pengumpan regional di pantai karang pamulang di gedung Setda Kab. Sukabumi oleh forum masyarakat peduli pantai karang pamulang

Sementara itu Kabid perhubungan laut provinsi Jawa Barat Abdu Hamzah, “Aspirasi yang ada merupakan masukan bagi kita dan akan ditindak lanjuti, disinggung terkait dengan surat keputusan menteri yang salah ketik, Abdu mengatakan, pihaknya akan menyampaikan kepada pimpinannya bahwa itu ada satu proses berubahan dan akan kita sempurnakan. Ini adalah produk yang dibuat oleh kementerian perhubungan, ujarnya usai pertemuan dengan para pendemo.

Untuk penghentian kegiatan proyek Abdu mengatakan, “itu bukan wilayah saya, sekali lagi saya tegaskan untuk penghentian pelaksanaan kegiatan itu bukan wewenang saya, yang berwenang adalah yang membuat pekerjaan itu dalam hal ini kementerian, kata Abdu.

Masih kata Abdu, Dishub provinsi hanya merencanakan proses perencanaannya saja, kita akan sampaikan dan akan kita sempurnakan, apapun ketika ada sebuah kekeliruan kita akan sempurnakan, pungkas Abdu.

Reporter : Bardal

 

 

 

Komentar ditutup.