OPERASI SIMPATIK UTAMAKAN KTL SEBAGAI TOLAK UKUR


PALABUHANRATU ONLINE – Operasi Simpatik yang dilakukan mulai hari ini, serentak di indonesia memprioritaskan Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) sebagai tolak ukur bagi taatnya pengendara di jalan raya. Demikian dikatakan Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Erik Bangun Prakasa, kepada wartawan hari ini Selasa, 1/3/2016.

Penertiban atribut TNI - Polri yang dipasang di kendaraan bermotor @Satlantas Polres Sukabumi

Penertiban atribut TNI – Polri yang dipasang di kendaraan bermotor @Satlantas Polres Sukabumi

Dikatakannya, tiga jalur KTL di Kabupaten Sukabumi, antara lain Cicurug, Cibadak dan Jalan Siliwangi Palabuhanratu akan terus di gelar operasi simpatik, “Operasi simpatik akan di gelar dari hari ini sampai tanggal 21 maret mendatang,” kata Erik.

Satlantas Polres Sukabumi akan menyebarkan 80 anggota dalam operasi Simpatik ini, setiap hari dengan jadwal yang diacak. Ini dimaksud untuk memastikan sejauh mana warga dan pengguna jalan bisa tertib lalu lintas. ” pengendara bisa saja berpura pura taat Jika tak diacak waktunya, dan bisa mengetahui perkembangannya,” jelasnya

Operasi Simpatik kali ini melibatkan instansi lain, seperti Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan pihak Kecamatan. Untuk penertiban kawasan KTL, selain pelanggar lalu lintas, juga jalan jalan yang dipakai oleh Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berdagang. “Untuk itu kita libatkan intansi lain untuk ikut menertibkan,” ujar Erik.

Karena menurutnya, jika persoalan PKL yang memakai bahu jalan untuk berjualan, sepenuhnya bukan kewenangan lantas untuk menertibkan melainkan intansi lain. “Kita hanya bisa menghimbau kepada PKL untuk tak memakai bahu jalan sebagai tempat berjualan karena menimbulkan kemacetan,” tegasnya.

Bahkan, kami mengucapkan terimakasih kepada pengguna jalan yang tertib dan patuh terhadap aturan dengan memberikan bunga, permen bertuliskan ucapan terima kasih. Bahkan helm untuk pengguna yang belum berstandar SNI akan diberikan,”pungkas Erik.

Reporter : Ade Willi

 

Komentar ditutup.