POLSEK CIKAKAK AKAN DI PRA PRADILANKAN


PALABUHANRATU ONLINE – Kuasa Hukum dari tersangka Herlan (24) dari kantor Hukum Castrio Panji Indra akan memprapradilankan Polsek Cikakak terkait dengan penahanan kliennya yang ditahan di Mako Polsek Cikakak. Herlan (24) warga Kp.Babadan RT.01 Rw.30 kelurahan Palabuhanratu ditangkap oleh penyidik Polsek Cikakak dengan tuduhan melakukan pencurian berupa baju kaos milik Surono selaku pemilik HGU perkebunan PT.Yanita di desa Cikakak Kabupaten Sukabumi.

Kuasa Hukum Herlan Castrio Panca Indra akan pra pradilankan Polsek Cikakak. Foto : Palabuhanratu Online

Kuasa Hukum Herlan Castrio Panji Indra akan pra pradilankan Polsek Cikakak. Foto : Palabuhanratu Online

Diceritakan Heri (46) orang tua Herlan, pada senin, 6 Oktober 2014 istri Surono yang bernama Bebi mendatangi kediamannya di Kp.Babadan Palabuhanratu dengan membawa anggota polisi dari Polsek Cikakak serta Satpam perusahaan, dengan menuduh Herlan, atas pencurian pakaian. Herlan merupakan karyawan dari PT.Yanita sejak September 2014. Dengan kejadian ini Herlanpun diberhentikan dari pekerjaannya. Ketika anggota Polsek datang kerumahnya Heri mempersilahkan anggota polsek Cikakak untuk menggeledah rumahnya ternyata tidak ada barang bukti yang ditemukan.

Sembilan bulan kemudian lanjut Heri, Bebi istri Surono menyebarkan fitnah dihadapan warga dan pengurus RT RW di Kampungnya Babadan, dengan kejadian ini Herlan melaporkan Bebi ke Polres Sukabumi atas pencemaran nama baik yang didampingi kuasa hukumnya Castrio.

Setelah laporan dari pihak Bebi dinaikkan statusnya menjadi penyidikan Herlan sempat mendapat surat panggilan 4 kali dari Polsek Cikakak.

Akhirnya Herlan selama 1 tahun bekerja di Sumbawa dijemput oleh petugas kepolisian dari Polsek Waingapu Sumbawa NTT, menurut keterangan Kapolsek Cikakak AKP.I Djubaedi penjemputan Herlan di Sumbawa atas Koodinasi pihaknya dengan Mako Polres Sumbawa. Herlanpun diterbangkan ke Jakarta dikawal dua anggota dari Polres Sumbawa NTT dan dijemput langsung oleh Kapolsek Cikakak dibandara Soekarno Hatta, dan diamankan di Mapolsek Cikakak Kecamatan Cikakak Kabupaten Sukabumi. Herlanpun dikenai pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan hukuman 5 tahun penjara, kata Djubaedi.

Heri orang tua Herlan sempat pula mengadukan hal ini ke LPM (lembaga pemberdayaan masyarakat) Palabuhanratu, ini dibenarkan oleh ketua LPM Palabuhanratu King Agusti dikantornya.

Menurut Castrio kuasa hukum Herlan,”ini memang prinsip sekali, bahwa kasus yang disangkakan oleh penyidik polsek Cikakak merupakan tindak pidana ringan (tipiring) dengan pasal 364 KUHP dengan hakim tunggal dengan dasar Per MA N0.2 tahun 2012, ujar Castrio hari ini Rabu,2/2/2016.

“Rencananya kami akan Pra perdilankan Polsek Cikakak, besok kami akan daftarkan dan mungkin senin akan digelar Pra Pradilannya, terang Castrio.

Sementara itu Kapolsek Cikakak AKP I Djubaedi, menanggapi hal ini “ itu hak seseorang kita tidak bisa menolaknya,ujar Djubaedi. Menurutnya orang itu ada ketidak puasan dalam pelayanan ataupun pergerakan kepolisian, yang menjadi masalah itu peraturan pada administrasi seperti tata cara penangkapan dan penahanan,ujar Djubaedi.

Dijelaskannya, Saudara Herlan ketika dilaporkan pihak PT Yanita sudah tidak berada di Palabuhanratu, pihaknya berupaya untuk mencari, sudah diberikan surat pemanggilan sebanyak empat kali tapi tidak datang dan tidak ada keterangan, kata Djubaedi. Akhirnya lanjut Djubaedi pihaknya berusaha mencari sendiri saudara Herlan, bahwa keluarga dari Herlan dianggap tidak proaktif.

Reporter : Bardal

 

 

 

 

 

 

 

 

2 responses to “POLSEK CIKAKAK AKAN DI PRA PRADILANKAN

  1. castrio panji indra, SH

    palabuhanratu online berkarya terus melakukan social control….sukses

    Suka

  2. Ping-balik: 21 ORMAS OKP DAN LSM, BERSATU DUKUNG KUASA HUKUM HERLAN UNTUK PRA PRADILKAN POLSEK CIKAKAK | Palabuhanratu Online