PERBUP TENTANG RETRIBUSI PARIWISATA SUDAH TERBIT


toll copy

Gerbang tol pariwisata yang dibuka kembali setelah terbitnya Perbup. (palabuhanratuonline)

PALABUHANRATU ONLINE – Pungutan retribusi bagi setiap wisatawan dari luar daerah digerbang  tolgate pariwisata Kabupaten Sukabumi sempat menimbulkan polemik.

Namun kini  sudah menemukan titik terang menyusul terbitnya Peraturan Bupati Nomor 28 Tahun 2018 tertanggal 21 Juni 2018 yang merupakan penjabaran atau turunan dari Peraturan Daerah (perda) Nomor 14 Tahun 2013 atas Perubahan Perda Nomor 1 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Rekreasi, Pariwisata, dan Tempat Olahraga di Kabupaten Sukabumi.

Dalam perbup tersebut  dijelaskan  tata cara pemungutan, penyetoran, dan tempat pembayaran retribusi pariwisata yang ada di Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan perbup itu juga, maka pintu masuk gerbang tol pariwisata di Jalan Raya Cisolok KM 1, Gunungbutak, Palabuhanratu, kembali dibuka mulai Sabtu (23/6/2018).

“Saya mengapresiasi pak bupati Sukabumi (Marwan Hamami) yang terus mendongkrak pendapatan asli daerah sektor pariwisata,” ujar aktivis dan pemerhati kebijakan publik, Berly Lesmana Gunawan.

Dirinya menjelaskan, terbitnya perbup itu sebagai bentuk perwujudan Peraturan Presiden Nomor 50/2015 tentang Strategi Perlindungan Konsumen Nasional pada Sektor Jasa Pariwisata.

“Jasa pariwisata salah satu sektor prioritas sebagaimana termaktub dalam Perpres No 50/2015. Maka dari itu langkah pak bupati mengeluarkan payung hukum berupa perbup yang merupakan turunan dari perda, sudah tepat. Perbup ini adalah solusi untuk menjawab polemik yang sempat terjadi selama musim libur Lebaran tahun ini di Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Cepat tanggapnya Pemkab Sukabumi menjawab pro-kontra terkait pemungutan retribusi pariwisata menuju kawasan objek wisata di jalan raya, patut diapresiasi semua pihak. Sehingga dunia pariwisata Kabupaten Sukabumi ke depan lebih kondusif dan menjadi tujuan wisata prioritas tanpa ekses.

“Polemik yang sempat terjadi itu bisa menjadi titik awal kemajuan dunia pariwisata kita. Terlebih, geopark di Kabupaten Sukabumi sudah diakui sebagai UNESCO Global Geopark,” imbuhnya.

Reporter : Ade Willi

 

Iklan

One response to “PERBUP TENTANG RETRIBUSI PARIWISATA SUDAH TERBIT

  1. Danial Hidayatullah

    Trimakasih pak BUPATI dgn keluarnya Perbup tentang retribusi wisata, namun harapan saya tidak hanya terbit Perbup nya saja, namun pengawasan baik di lokasi, jalur menuju lokasi pariwisata tetap ada aparat yang kontrol mengawasi..termasuk ketika masuk lokasi parkir motor sampe 20ribu, kadang ketika bermalam menginap di pantai palabuhan berkeliaran pula penarik uang keamanan sampai 100rb/mobil..tapi ga ngasih karcis nya…mohon ini jadi catatan…bila tarip itu masuk ke pemerintah ga apa, tapi kalau pungli mohon jangan ada pembiaran

    Suka