FESTIVAL GEOPARK CILETUH HARI INI


PALABUHANRATU ONLINE – Pada hari ini Sabtu (14/11/2015) hingga Minggu (15/11/2015) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat resmi menggelar Ciletuh Geopark Festival (CGF) 2015 di Kawasan Geopark Ciletuh,Desa Ciwaru Kecamatan  Ciemas Kabupaten Sukabumi.

Maksud dan tujuan Festival Geopark Ciletuh untuk mempromosikan potensi pariwisata dan budaya Ciletuh serta untuk meyakinkan dan berkomitmen menjadikan potensi Ciletuh sebagai kawasan Geopark Nasional dan Global Geopark Network (GGN).

Rock Climbing pada festival geopark ciletuh kabupaten Sukabumi

Rock Climbing pada festival geopark ciletuh kabupaten Sukabumi (Photo :Pixabay.com)

Festival ini juga bertujuan sebagai upaya memanfaatkan Ciletuh sebagai daya tarik wisata unggulan Jawa Barat, yaitu wisata minat khusus dan wisata petualangan atau adventure tourism. Dalam festival ini, Disparbud Jabar menggandeng Bio Farma dan Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI).

Kegiatan festival yang bertema “Exploring Ciletuh” atau jelajah Ciletuh ini memiliki tujuan mempromosikan potensi pariwisata dan budaya kawasan budaya Ciletuh. Selain itu, penguatan komitmen para pemangku kepentingan untuk membangun Ciletuh sebagai kawasan geopark nasional dan global geopark network, serta membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk membangun Ciletuh sebagai daya tarik wisata siap kunjung Jawa Barat.

wisatageopark Ciletuh ds.Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi

Obyek wisata geopark Ciletuh ds.Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi (Photo : istimewa)

Acara Ciletuh Geopark Festival 2015 akan menampilkan antara lain gelaran budaya Pajampangan yang melibatkan masyarakat seniman perwakilan dari 13 desa, warga sekitar Ciletuh dan olahraga minat khusus panjat tebing dan paralayang.

Komentar ditutup.